Berwirausaha

Hallo… Halloo….

selamat datang kembali di blog Ratih Fitriani ^_^

kali ini ratih akan berbagi tips berwirausaha

Kunci berwirausaha terletak pada dua poin utama yaitu bagaimana melihat peluang dan berani untuk mengambil peluang tersebut.

sebelum berwirausaha kamu bisa mulai untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1.     Pilih sesuai passion
Jadikanlah bidang kesukaan kamu sebagai pertimbangan. Selama ada minat pada bidang tersebut, niscaya kamu akan lebih semangat dan termotivasi untuk mengembangkan usaha maupun mencari solusi jika tertimpa masalah dalam seperjalanannya. Ada pepatah lama mengatakan: Kerjakan hal yang kamu cintai, dengan begitu kamu tidak perlu bekerja seumur hidup kamu.

2. Lihat keahlian di sekitar kamu
Perhatikan lingkunganmu, jadikanlah kapabilitas orang-orang sekitar kamu menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk memilih bidang usaha. Akan lebih baik jika seperjalanan bisnis, kamu mempunyai seseorang atau pihak lain yang dapat menemani kamu dalam menyusun strategi pengembangan usaha maupun solusi saat bisnis kamu tertimpa krisis.

3. Perkirakan peluang yang berjangka panjang
Jangan mudah tergiur pada bidang yang saat itu sedang digandrungi. Telitilah dalam meramal keadaan pasar ke depannya. Pilihlah bidang yang akan menjadi kebutuhan sepanjang waktu dan tidak musiman.

4. Pilih yang low-risk tetapi high-profit
Jangan cepat tergiur dengan profit yang besar jika ada resiko besar yang sewaktu-waktu dapat membuyarkan bisnis kamu. Pilihlah yang mengandung resiko rendah tetapi lumayan profitnya. Walau tidak semenggiurkan yang profit besar, tetapi bukankah jika arus profit lancar akan lebih menguntungkan dan tidak terlalu banyak mendapat tekanan?

naaahhh kalau kamu sudah menjalankan tips dia atas sebagai pertimbangan awal….

ini nih ratih kasih lagi tips yang dapat dipraktikkan guna pebisnis tidak kehilangan fokus utama dalam berbisnis, yaitu:

1. Belajar mengatur uang
cukup teliti dan tekun dalam membuat laporan keuangan setiap harinya. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan sekecil apapun bentuknya. Jangan sampai ditunda-tunda karena bisa bahaya jika sampai menjadi kebiasaan.

2. Jangan cepat terbuai
Untung yang besar di awal usaha jangan sampai membuat kamu berpikiran bahwa kamu telah sepenuhnya menguasai pasar. Usaha yang baru muncul biasanya baru memancing perhatian dari masyarakat sehingga keuntungan tersebut adalah keuntungan dari pembelian-pertama para pelanggan. Jangan sampai merasa leluasa untuk membelanjakan keuntunganmu. Ingatlah bahwa profit yang harus kamu kejar adalah profit jangka-panjang

3. Ciptakan dua dompet
Pisahkan uang pribadi dengan uang bisnis kamu. Hal ini terasa sepele apalagi jika pebisnis memulai sendiri usahanya dan langsung menggantungkan kebutuhannya dari keuntungan usahanya sehingga secara tak sadar uang yang harusnya berputar ternyata habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Ciptakan strategi yang efektif dan efisien
Jika kamu mempunyai keleluasaan modal, jangan gegabah membuat strategi untuk mengembangkan pasar. Berpikirlah secara jernih dan kreatif sehingga modal yang dikeluarkan untuk promosi seminim mungkin tetapi mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Ingatlah bahwa modal kamu juga sewaktu-waktu akan habis. Tanamkan dalam pikiranmu bagaimana untuk melancarkan perputaran uang modal sehingga membawa arus profit yang deras untuk pundi-pundi keuangan kamu.

 

oke sampai disini tips berwirausaha dan sampai sini juga postingan dari ratih untuk hari ini

semoga bermanfaat ya….

Terima Kasih ^_^

 

 

Referensi :

http://www.belajarwirausaha.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s